Tuesday, 12 March 2013

Contoh ERD Sistem Informasi Klinik


ERD SI klinik ini terdiri dari 5 entitas, yaitu:
  1. Entitas Pasien yang memiliki 4 atribut, yaitu Kd_Pasien, Nama, Alamat, Telp.
  2. Entitas Informasi_Pemeriksaan yang memiliki 4 atribut, yaitu KD_Pemeriksaan, Kd_Pasien, Tgl_Periksa, Hasil Periksa.
  3. Entitas Obat yang memiliki 2 atribut, yaitu Kd_Obat, Nama.
  4. Entitas Resep_Obat yang memiliki 3 atribut, yaitu Kd_Resep, Kd_Pemeriksaan, Kd_Pasien.
  5. Entitas Pembayaran yang memiliki 4 atribut, yaitu No_Transaksi, Kd_Pemeriksaan, Tgl, Biaya.
Entitas Pasien memiliki 3 relasi, yaitu berelasi dengan Informasi_Pemeriksaan, Resep_Obat, dan Pembayaran.
  • Pasien berelasi dengan Informasi_Pemeriksaan memiliki hubungan kardinalitas 1-N. Karena 1 Pasien bisa memiliki banyak Informasi_Pemeriksaan, sedangkan 1 Informasi_Pemeriksaan hanya untuk 1 Pasien.
  • Pasien berelasi dengan Resep_Obat memiliki hubungan kardinalitas 1-1. Karena 1 Pasien mendapatkan 1 Resep_Obat, dan 1 Resep_Obat hanya untuk 1 Pasien.
  • Pasien berelasi dengan Pembayaran memiliki hubungan kardinalitas 1-1. Karena 1 Pasien melakukan 1 Pembayaran, dan 1 Pembayaran hanya untuk 1 Pasien.
Selain berelasi dengan Pasien, entitas Informasi_Pemeriksaan juga memiliki 2 relasi lain, yaitu berelasi dengan Resep_Obat dan Pembayaran.
  • Informasi_Pemeriksaan berelasi dengan Resep_Obat memiliki hubungan kardinalitas 1-1. Karena 1 Informasi_Pemeriksaan mendapat 1 Resep_Obat, dan 1 Resep_Obat didapat dari 1 Informasi_Pemeriksaan.
  • Informasi_Pemeriksaan berelasi dengan Pembayaran memiliki hubungan kardinalitas 1-1. Karena 1 Informasi_Pemeriksaan melakukan 1 Pembayaran, dan 1 Pembayaran digunakan untuk 1 Informasi_Pemeriksaan.
Entitas Resep_Obat juga berelasi dengan Obat dan memiliki hubungan kardinalitas N-M. Karena 1 Resep_Obat bisa terdiri dari banyak Obat, dan 1 jenis Obat dapat digunakan untuk banyak Resep_Obat. Karena kardinalitasnya N-M, maka muncul tabel baru, yaitu Item_Obat yang terdiri dari 2 atribut, Kd_Resep dan Kd_Obat.