PENGERTIAN MANAJEMEN INFORMASI
Manajemen
adalah penggunaan sumber daya yang efektif untuk mencapai sasaran. Informasi
adalah kumpulan data yang sudah diolah atau diproses diproses dan secara
relatif memberikan arti atau manfaat bagi pemakainya. Jadi, manajemen informasi adalah pengelolaan data dimana didalamnya
mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan
berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga
dapat dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen.
TUJUAN MANAJEMEN INFORMASI
Tujuan
Umum :
- Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
- Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
- Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Pentingnya Manajemen informasi dalam
Perusahaan, disebabkan karena
1.
Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat
- Pengaruh Ekonomi Internasional : Sistem Informasi Manajemen semua perusahaan tidak dapat lepas dari pengaruh sistem perekonomian dunia saat ini. Misalnya fluktuasi nilai tukar mata uang yang berubah dengan cepat
- Persaingan Dunia
- Kompleksitas Teknologi yang Meningkat : Kemampuan seorang mengirim informasi dalam hitungan detik melalui satelit, modem, fax, dsb. Peran manusia yang sudah mudah berkurang akibat modernisasi pabrik dengan penggunaan robot.
- Batas waktu yang Singkat
- Kendala-kendala Sosial
2. Kemampuan komputer yang semakin baik
Informasi merupakan sumber daya utama bagi manajer yang dapat dikelola, bersumber pada dua pengaruh :
- Kegiatan bisnis semakin kompleks.
- Komputer mencapai kemampuan yang semakin baik.
Output
yang dihasilkan digunakan oleh manajer dan orang-orang yang membutuhkan.
Sumber
daya Manajemen Informasi :
- Sumber daya FISIK : manusia, mesin, material, uang.
- Sumber daya KONSEPTUAL : Informasi (termasuk data).
Tugas
manajer mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan secara efektif. Dalam
pengelolaan manajemen informasi pada perusahaan, manajer sangatlah berperan
penting, sehingga untuk mendukung hal tersebut manajer harus memiliki beberapa
keahlian dan pengetahuan manajemen.
Keahlian
Manajemen
Seorang manajer yang berhasil banyak
memiliki keahlian, tetapi ada dua yang mendasar yaitu komunikasi dan pemecahan
masalah.
1.
Keahlian komunikasi
Manajer menerima dan
mengirimkan informasi dalam bentuk lisan dan tertulis. Komunikasi tertulis
meliputi laporan, surat, memo, e_mail dan terbitan berkala. Komunikasi lisan
terjadi saat rapat, menggunakan telpon,voice mail,meninjau fasilitas, makan
bisnis, dan kunjungan sosial.
2.
Keahlian Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah
(Problem Solving) sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu
permasalah. Masalah dianggap sebagai sesuatu yang buruk, karena sedikit yang
menganggap masalah sebagai sesuatu untuk meraih kesempatan.
Masalah
secara negatif sebagai suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya atau mungkin
membahayakan suatu perusahaan, atau secara positif sebagai sesuatu yang
menguntungkan atau mungkin menguntungkan. Hasil dari aktifitas pemecahan
masalah adalah solusi. Selama pemecahan masalah, manajer terlibat dalam
pengambilan keputusan (Decision Making), yaitu tindakan memilih dari beberapa
alternatif tindakan. Keputusan (Decision) adalah suatu tindakan tertentu yang
telah dipilih.
Manajer
harus memastikan bahwa data mentah yang terkumpul dan kemudian diproses menjadi
informasi yang berguna dan kemudian memastikan bahwa informasi tersebut layak
digunakan oleh oarng-orang dilingkungan organisasi dalam bentuk yang tepat
danpada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat digunakan secara
maksimal. Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna dan
menggantinya dengan informasi yang up-to-date. Semua Kegiatan diatas dinamakan Manajemen Informasi.
Pengetahuan
Manajemen
Ada dua jenis pengetahuan manajer yang
merupakan kunci di dalam manajemen informasi menggunakan komputer yaitu :
Mengerti komputer dan mengerti informasi.
- Mengerti komputer yaitu pengetahuan mengenai komputer yang mencakup pengertian mengenai istilah-istilah komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahan komputer, serta kemampuan menggunakan komputer dsb.
- Mengerti informasi yaitu pengetahuan yang meliputi bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah, di mana informasi diolah, dan bagaimana membagikan informasi dengan orang lain.
PROSES
MANAJEMEN
Proses
manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas
- Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
- Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
- Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
No comments:
Post a Comment