Tuesday, 14 January 2014

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Menurut beberapa ulama beliau lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah. Dikenal sebagai tahun gajah karena pada tahun itu kota Mekah di serang oleh pasukan Nasrani di bawah pimpinan Abrahah. Pada waktu itu Abrahah berkendaraan Gajah. Mereka bermaksud menghancurkan Ka'bah. Namun digagalkan oleh Allah SWT.

Nama ibu Nabi Muhammad SAW adalah Siti Aminah dan ayahnya bernama Abdullah. Ayah beliau meninggal saat Nabi Muhammad SAW masih di dalam kandungan. Saat Nabi Muhammad SAW berusia enam tahun, ibunya juga meninggal dunia. Jadi Nabi Muhammad SAW tinggal bersama kakeknya Abdul Muthalib. Setelah kakena meninggal dunia, beliau tinggal bersama pamannya Abu Thalib.

Sebenarnya sebelumnya tidak pernah ada riwayat perayaan khusus pada Maulid Nabi yang diadakan oleh Nabi Muhammad SAW maupun para sahabat Nabi. Namun generasi sekarang ini banyak yang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebaiknya tidak dijadikan sebagai hari raya atau hari besar yang dirayakan dengan berlebih-lebihan. Karena sesungguhnya dalam Islam hari Raya hanya Idul Fitri dan Idul Adha. Sebaiknya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW agar kita dapat lebih mengingat perjuangan beliau sehingga meningkatkan rasa cinta dan kerinduan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Sebelum Nabi Muhammad SAW meninggal, beliau masih mengingat dan mengkhawatirkan nasib ummatnya. Jadi tak sepantasnya kita melupakan beliau. Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan terbaik untuk kita semua. Jadikanlah beliau idola, karena sudah sangat jelas ketaatannya. Bukannya mengidolakan artis-artis jaman sekarang.

Ini bukan untuk menggurui, hanya untuk saling mengingatkan. Maaf jika ada kesalahan. Saya juga masih harus banyak belajar. :)