Sunday, 20 September 2015

Diklat Prajabatan CPNS Gol. II Kemenkumham Sumsel Angkatan 2013 dan 2014

Tanggal 7 September - 10 Oktober 2015 CPNS Gol. II Kanwil Kemenkumham Sumsel angkatan 2013 dan 2014 melaksanakan Diklat Prajabatan di UPTD BP3NFI Palembang. Syarat penting untuk jadi PNS dan gaji menjadi 100%. Tanggal 7-19 September belajar di kelas dan tinggal di asrama, lalu tanggal 21 September - 7 Oktober magang atau melaksanakan aktualisasi kembali ke UPT masing-masing. Tanggal 8-10 kembali ke asrama untuk seminar dan penutupan diklat.

Angkatan 2013 terdiri dari 70 orang, dan angkatanku 11 orang. Harusnya 12, hanya saja seorang lagi sudah tersingkir karena kesalahannya sendiri. Sebaiknya gak diceritain disini, karena sekarang aku cuma mau cerita tentang prajabatan.

Dua minggu kami di asrama, hanya boleh pulang sabtu sore dan kembali lagi minggu sore. Aku tinggal di kamar A5, bersama mbak Eliza dari Cabang Rutan Muara Dua (tapi asli orang Lampung), mbak Ria dari Lapas Wanita Palembang (udah beberapa kali ketemu pas sosialisasi dan rekon BMN, lagi hamil jalan 7 bulan, suaminya juga peserta diklat dari Muara Dua), dan satu lagi Bunga dari Lapas Lahat (yang milih kamar dan mengatur isinya, maklum pacarnya panitia sekaligus peserta prajab juga dari Kanwil).

Awalnya agak kecewa dan takut karena gak bisa sekamar dengan Febri dan Sari, temen se-Lapas. Tapi ternyata tetap betah juga. Temen sekamar baik-baik banget dan gokil juga. Jadi asik-asik aja.

Kami dibagi menjadi 3 kelas, masing-masing jadi 27 orang. Aku termasuk kelas C. 9 cewek dan 18 cowok. Mereka semua baik, gokil, dan pinter-pinter. Di kelas, kami belajar ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi) diajar oleh widyaiswara dari Badan Siklat Provinsi. Untuk lebih jelas tentang ANEKA, silahkan tanya mbah Google tentang Diklat Prajabatan model baru.

Selain belajar di kelas, ada juga kegiatan olahraga pagi, dan baris-berbaris di sore hari. Semua jadwal sudah teratur, gak boleh telat. Jam 05.15 sudah harus kumpul di halaman depan untuk olahraga pagi, sampai sekitar jam 06.30. Terus jam 07.15 udah harus baris di depan ruang makan untuk sarapan, pakaian hitam putih lengkap berdasi dan tas. Selesai makan jam 08.00 langsung masuk kelas. Jam 10.00 coffee break, sekitar 15 menitan dan lanjut lagi ke kelas. Jam 12.00 baris lagi untuk makan siang. Jam 13.15 kembali ke kelas. Jam 15.00 coffee break, lanjut lagi belajar. Jam 15.45 selesai kelas dan langaung ganti baju persiapan olahraga sore. Jam 16.00 gak boleh telat. Selesai sekitar jam 17.30 dan kadang sebelum magrib. Jam 19.00 baris persiapan makan malam. Selesai makan jam 20.00 langaung lanjut apel malam. Setelah itu kembali ke kamar, acara bebas.

Dua minggu yang berasa berat dan melelahkan. Bahkan sampe nyaris sakit di hari-hari akhir.
Mulai dari panas dalam, sampe demam flu. Sebenarnya gak terlalu melelahkan, bahkan jauh lebih berat saat kami orientasi daripada ini. Mungkin karena kondisi cuaca yang gak bersahabat, banyak asap, atau karena orang-orang yang lebih rame, jadi lebih riweh, atau karena gak pulang ke rumah, jadi berasa kurang nyaman. Bukan cuma aku yang sakit, beberapa teman juga, apalagi ada 2 bumil. Huh, bener-bener mereka harus berjuang ekstra.

Hari yang paling berat adalah 3 hari terakhir. Hari Kamis ujian tertulis. Hari Jumat kelas terakhir, langsung disuruh buat proposal rancangan aktualisasi dan Sabtu seminar. Setiap kelas dibagi 3 kelompok dan masing-masing mendapat pembimbing. Kelompokku mendapat pembimbing Ibu Emmy, widyaiswara.

Semua orang begadang. Aku baru menyelesaikan rancangan aktualisasi jam 02.00 dini hari. Setelah lama mumet memikirkan apa yang mesti ditulis. Tidur istirahat sebentar, jam 03.00 bangun lagi ngerjain powerpoint. Jam 04.20 baru selesai. Lanjut istirahat dan nyaris lewat Subuh. Jam 06.00 kurang baru bangun, langsung cepet-cepet sholat Subuh. Habis sholat pun, masih juga ngantuk. Maksudnya mau guling sebentar 15 menitan, tapi malah bablas sampe jam 07.00 kurang. Bahkan masih pake mukenah. Untungnya panitia pengertian. Makan gak pake baris dan boleh telat. Bahkan makan sendiri-sendiri, gak bareng. Mereka tau banyak peserta yang begadang atau bahkan gak tidur karena nyelesain rancangan. Seharusnya sih buat proposal full dari cover sampai daftar pustaka. Tapi karena dadakan dan keterbatasan waktu dan sarana, makanya cuma buat rancangan kegiatan aktualisasi.

Saatnya seminarpun tiba, aku mendapat mentor Pak Rugadi Ma'mun pegawai Kanwil dan penguji Pak Hamsir. Ditemani pembimbing dan disaksikan temen-temen sekelompok. Gak semenakutkan yang dikira sebelumnya. Selesai dengan lancar, beberapa perbaikan. Pembimbingnya kurang membantu malah ngasih tambahan-tambahan juga. Setelah semua selesai seminar dan ada sedikit pengarahan dari panitia, jam 16.00 aku dijemput dan pulang ke rumah.

Besok mulai aktualisasi. Harus mulai ngerjain laporan, sekaligus nyelesain proposal kemarin yang belum tuntas. Sampai hari ini belum ada pergerakan. Semoga niatnya dikuatkan, dijauhkan dari kemalasan, dilancarkan, bisa menjalankan dengan baik, selesai tepat waktu, dan saat seminar Tanggal 9 bisa berjalan baik dan lancar. Aamiin. Insya Allah semua lulus dengan haail yang sangat memuaskan. Aamiin. Tunggu kisah selanjutnya.


Temen-temenkelas C


Temen-temen seangkatan

Sayangnya belum ada foto-foto bareng temen sekamar. Mungkin nanti ada. Semoga. Hihihi....