13 October 2018

Ngobrol-ngobrol Dalam Mobil

Ini akan terbagi menjadi part 1 dan part 2. Seharusnya yang dulu juga dibuat postingan. Tapi sepertinya karena mood menulis yang sedang buruk, jadi lewat gitu aja. Maka kali ini ceritanya akan langsung digabung aja menjadi 2 bagian.

Ngobrol-ngobrol Dalam Mobil Part 1

Pagi itu hari Sabtu entah lupa tanggal berapa, ibuk ada kegiatan di lapas anak. Aku nganterin kesana. Lalu di jalan pulang bude nelfon ngajakin makan keluar sore-sore. Hemm, sudah menduga-duga ini ada apa. Mau nolak tapi ga enak, takut ga sopan. Yaudah diokein aja.

Sore harinya kesana ngejemput bude, sendirian. Ibuk belum pulang. Ijin ayah, cuma bilang mau ke PTC (rumah bude emang deket situ). Sampe sana numpang sholat Ashar dulu. Tapi kemudian malah hujan deras. Sederas-derasnya. Jadi nunggu dulu di rumah bude. Masih deg-degan dan menduga-duga. Pasti mau ditanya-tanya atau mau dikenalkan dengan seseorang. Selagi nunggu hujan reda, ngobrol-ngobrol di rumah bude belum ada tanda apa-apa.

Akhirnya hujan reda sekitar jam 5an. Sebenernya sudah kesorean banget, tapi tetap jadi berangkat.
Aku: "Mau kemana kita bude?"
Bude: 'Ya terserah. Soto boleh juga hujan-hujan gini."

Langsung mikir mau makan soto kemana. Dan baru juga mulai perjalanan. Ternyata benar apa yang kuduga-duga. Ini pasti ada maksudnya. Terbongkar semua cerita. Yang selama ini suka cerita-ceritaan dengan sepupu doang, ternyata bude udah tau semua. Ditanya ini dan itu. Aku cuma bisa jawab seadanya. Masih berasa kaget, bingung, kikuk.

Lalu obrolan selesai. Ternyata ngajak makan keluar tadi hanya sebuah alasan. Lalu di jalan, bude minta turun aja. Daripada nganterin balik, takut aku kemaleman, apalagi jalanan macet parah akibat banjir dimana-mana. Bude turun di lampu merah. Aku ga liat lagi bude pulang naik apa. Aku bingung harus gimana. Dan tiba-tiba air mata itu jatuh gitu aja. Nangis sejadi-jadinya. Entah apa yang dirasakan saat itu, semua campur aduk.

Sampe rumah ga ditanya apa-apa. Sepertinya memang sudah direncanakan antara ibuk dan bude. Karena aku dan ibuk yang ga terlalu dekat dan ga pernah curhat-curhatan. Jadi perlu bantuan bude untuk membuka informasi.

Lanjut.

Ngobrol-ngobrol Dalam Mobil Part 2

Hari ini Sabtu pagi lembur di kantor. Verifikasi berkas seleksi administrasi CPNS. Pulang sekitar jam 3an, pas ibuk dan ayah mau keluar. Sore-sore lagi nyantai-nyantai istirahat di rumah sendirian, lalu bude SMS ngajakin makan keluar. Ini pasti ada maksudnya lagi. Sebenernya agak males karena capek dan udah sore banget. Tapi ga enak mau nolak. Langsung berangkat ngejemput bude.

Dan bener, ada sesi ngobrol-ngobrol dalam mobil lagi. Tapi kali ini dengan cerita baru. Dan suasananya pun berbeda, lebih nyantai karena aku ga kaget lagi. Sepanjang jalan cerita ini dan itu. Ditanya ini dan itu. Setelah obrolan selesai, lalu bude ngajakin pulang.
Bude: "Yaudah, bude mau ini aja. Makannya nomor sekian-sekian. Kalo  mau langsung puter balik aja, gapapa, biar ga kemalaman pulangnya."

Yaudah jadinya langsung putar balik. Masih cerita-cerita lagi. Sampe bude turun, aku gak mbrebes mili lagi. Kali ini sudah biasa aja. Sampe rumah ibuk ayah belum pulang. Jadi ga ditanya-tanya lagi darimana. Selesai.

No comments:

Post a Comment